Kerak Telor

22 09 2009

kerak telorJika anda warga Jakarta mungkin nama  Kerak Telor sudah tidak asing lagi di telinga anda, apabila anda baru mendengar ataupun belum pernah mencoba makanan ini mungkin namanya terdengar aneh. Kerak telor bukanlah telor yg hangus di wajan kemudian dihidangkan.

Tetapi itu adalah sebuah nama untuk makanan yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) yang disangrai kering ditambah dengan bawang merah goreng, lalu diberi tambahan bumbu halus yang berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Dalam proses memasaknya pun cukup unik. Kerak telor di masak di atas anglo (menggunakan panas dari arang), ketika kerak telor terlihat sudah setengah matang maka wajannya dibalikkan dan kerak telor dibiarkan terkena panas dari anglo nya sehingga kemudian menjadi agak hangus. Nah mungkin dari sini lah istilah kerak nya.

Sekarang kerak telor hanya bisa ditemukan di beberapa sudut kota Jakarta. Kehadirannya mungkin hanya dapat kita temui saat ulang tahun kota Jakarta saat Pekan Raya Jakarta digelar. Tetapi jika pada hari2 biasa kita ingin menikmati kelezatan kerak telor, kita hanya bisa menemukannya di Setu Babakan (kampung Betawi) dan di daerah Kota Tua.

Devina Nuryani


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: