Escargot…

14 10 2009

escargot

Siput dibuat jadi makanan,apa jadinya?

Anda pernah menikmati makanan khas Prancis yang sangat terkenal yaitu l’escargot? Tidak usah jauh-jauh terbang ke Eropa dinegara dimana menara Eiffel tegak dengan cantik dan anggun yaitu tepatnya dikota Paris, cukup ke pulau Bintan persisnya dikota Tanjungpinang yang belum lama ini saya kunjungi.

Pada 1992 saat saya menjalani training hematology di Rotterdam, saya pergi ke Paris dengan kereta api Belanda yang bersih dan nyaman. Saat itu weekend, lumayan untuk jalan ke kota yang sangat indah dan paling cantik arsitektur gedung-gedungnya di seantero Eropa yaitu Paris.

Kota ini sangat lekat dengan segala sesuatu yang indah dan artistik, bukan hanya mode, parfum, dan museum yang bertebaran dan salah satunya adalah Louvre, gedungnya seluruhnya terbuat dari kaca dengan design futuristik dan sangat modern. Paris juga terkenal dengan makanan l’escargot yang unik dan tiada duanya. Apa itu l’escargot?

Dari kata Prancis, l’escargot artinya siput atau bekicot atau keong atau kerang dalam bahasa kita. Restoran disana memasang harga mahal untuk satu porsi makanan ini. Saat itu belum berlaku mata uang Euro seperti sekarang, tetapi Franc. Kalau di kurs dengan rupiah, rasanya saat itu harganya 300 ribu rupiah satu piring.

Cara memasak di Paris, l’escargot dimasukkan kedalam tungku perapian dengan bara api yang panas. Kemudian dibolak-balik menggunakan alat seperti ’skop’ -untuk menggali pasir- dengan tangkai kayu yang cukup panjang. Kepala skop terbuat dari sejenis metal yang tahan panas. Bila sudah masak, keong-keong itu akan diambil dengan skop, lalu langsung dituangkan kedalam piring saji.

Segalanya : atraksi memasak keong, tungku api dan semua peralatan yang digunakan berada direstoran bagian depan, sehingga tamu-tamu pengunjung resto bisa langsung melihat proses pembuatan l’escargot yang mereka pesan dan akan disantapnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama para turis manca negara.

Cara makan l’escargot cukup unik dan ribet, kalau ngggak bisa ngeluarin daging dari cangkangnya.  mesti memakannya dibantu waiter yang menusuk daging dengan alat tusuk khusus, seperti tangkai sendok yang panjang, terbuat dari plastik.

jadi anda akan membayangkan fantasinya memakan escargot ini…

coba dan nikmati…

Ricky Azmi

Pertama-tama kepala monyet dipasung pada pemotong berbentuk melingkar. Saat ada pembeli yang tertarik untuk mencicipinya, pemotongnya tinggal digerakkan dan tersajilah otak monyet dengan kulit yang sudah terkelupas. Kemudian si pencicip akan menyuapi otak monyet langsung ke mulutnya atau bisa juga request agar otak monyetnya dibuat sup. Katanya rasanya enak, mirip tahu air yang gurih dan kaya akan gizi.

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: