Sate Biawak…emmmm

14 10 2009

sate-biawak1

APAKAH anda termasuk orang yang merasa geli jika melihat hewan biawak. Ternyata reptil mirip Komodo yang sudah sulit ditemui ini memiliki rasa yang enak dan berkhasiat sebagai obat. Di Banyumas Jateng, masakan sate biawak disukai karena bisa meningkatkan vitalitas pria dan menyembuhkan penyakit kulit.

Tampang hewan ini memang menyeramkan. dengan lidah yang kerap menjulur, hewan ini memang sebagian dari spesies purbayang tersisa. Namun, kini keberadaannya selalu diburu untuk dimanfaatkan dagingnya karena berkhasiat. Habitatnya adalah sungai dan di rawa-rawa.

Bagian yang diambil dari biawak adalah dagingnya. Sebelum dikuliti, biawak disembelih. Tapi menyembelih biawak tidakseperti menyembelih hewan ternak pada umumnya. Menyembelih biawak dilakukan dengan dua batang lidi sepanjang sekitar 30 centimeter yang ditusukan ke hidung. Hanya dengan itu, biawak akan mati.

Setelah mati, biawak digantung untuk dikuliti. tidak mudah menguliti biawak karena kulitnya tergolong liat. Dagingnya yang bertekstur lembut kemudian dipotong potong siap disate.

berminatkah…

Ricky Azmi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: